6 Fakta Menarik Gunung Sikunir di Wonosobo Jawa Tengah dengan Keunikan Telaga Cebong

Read Time:3 Minute, 3 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Gunung Sikunir atau gunung yang disebut Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Terletak di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, gunung ini berada 2.263 meter di atas permukaan laut.

Seperti halnya pegunungan di Dataran Tinggi Deeng, pendakian Gunung Sikunir masih tergolong mudah dengan jalur yang terpelihara dengan baik. Terdapat pintu masuk lain berupa tangga yang dilengkapi dengan railing kayu atau besi agar tidak mudah tergelincir saat naik atau turun.

Jalur tersebut memiliki penjaga dan papan penunjuk arah menuju kawasan puncak. Meski mudah, namun wisatawan diharapkan tidak menganggap remeh karena jalur pendakiannya memerlukan kondisi fisik yang baik.

Pengunjung tetap disarankan menggunakan perlengkapan gunung seperti jaket, sarung tangan, dan penutup kepala untuk mencegah angin dingin masuk ke tubuh. Penumpang dapat membawa makanan untuk dibawa dan dinikmati sepanjang perjalanan.

Ada banyak hal tentang Gunung Sikunir selain lokasi dan ketinggiannya. Tim Lifestyle robbanipress.co.id Minggu 15 April 2024 Berikut enam fakta menarik Gunung Sikunir. 1. Golden Sunrise di Gunung Sikunir

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Otorita Borobudur, salah satu panorama yang menarik adalah Golden Sunrise yang berupa pesona emas saat matahari terbit. Jika ingin menikmati indahnya golden Sunrise di Sikunir Wonosobo, disarankan untuk melakukan pendakian antara pukul 04.00 hingga 05.00.

Yang membuat banyak orang tertarik mengunjungi Gunung Sikunir adalah pemandangan menakjubkan dari puncak pegunungan di Jawa Tengah tersebut. Anda dapat melihat dengan jelas Gunung Sindoro, Gunung Praw, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Love, Gunung Slamet dan kawasan pegunungan lainnya serta dapat melihat secara langsung jika cuaca sedang cerah. 3. Waktu naik pesawat

Dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit untuk mendaki bukit Sikunir. Bagi pendaki yang ingin menikmati perjalanan santai, pendakian memakan waktu sekitar satu jam. Pengunjung akan dihadiahi pemandangan matahari terbit keemasan yang menyambut mereka di puncak Bukit Sikunir.

Pancaran sinar keemasan di langit akan menghilangkan penat dan membuat pengunjung enggan pulang. Area di puncak Bukit Sikunir cukup luas sehingga pendaki tidak perlu khawatir akan berkerumun. Panorama lain di bawah Bukit Sikunir adalah Telaga Sebong.

Tersedia juga area camping bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati keindahan Bukit Sikunir. Area yang biasa digunakan untuk kegiatan berkemah adalah di dekat area parkir yang terletak di atas bukit. Jangan khawatir, Anda tidak akan melewatkan satu spot pun karena tersedia cukup ruang bagi para pendaki untuk mendirikan tenda.

Jika Anda mencari kuliner di dekat lokasi camping, Anda akan menemukannya di dekat area parkir. Banyak warung yang menawarkan berbagai macam makanan Dieng seperti manisan carica, kentang goreng, kentang rebus, tamarello dan jajanan lainnya. Fasilitas yang tersedia di Pusat Wisata Bukit Sikunir antara lain toilet dengan jalur menanjak, musala, dan tempat istirahat. 5. Jalur Gunung Sikunir

Untuk menuju Gunung Sikunir, wisatawan dapat mengarahkan kendaraannya menuju desa Sembungan. Setelah itu, Anda bisa menuju ke timur melalui tengah desa hingga ke area parkir di lereng Bukit Sikunir. Perlu diperhatikan bahwa jalan menuju Bukit Sikunir sangat sempit sehingga jika berkendara perlu berhati-hati terhadap pengendara lain.

Setelah lelah melakukan pendakian, para wisatawan tak akan kaget lagi melihat golden Sunrise di Gunung Sikunir. Anda juga akan menemukan Telaga Sebong, tempat keren dan menawan lainnya.

Tempat ini sebenarnya berada di seberang area tenda jika Anda sedang berkemah. Untuk menikmati kesejukan dan keindahan telaga ini, pengunjung sebaiknya datang pada pagi hari dan disarankan untuk segera tiba setelah menyaksikan Golden Sunrise.

Birunya langit pagi yang terpantul di permukaan danau akan memukau para wisatawan. Jangan lupa untuk memotret danau yang menakjubkan ini.

Sekadar informasi, Danau Sebong memiliki kedalaman sekitar 2-4 meter. Biasanya menarik minat nelayan setempat.

Jadi ekosistem Telaga Sabong tetap terjaga dan mempunyai aturan khusus bagi wisatawan. Telaga Sabong mempunyai undang-undang berupa larangan dumping, penangkapan ikan dengan jaring, racun dan bom.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Suzuki Indonesia Tegaskan Belum Ada Mandat untuk Produksi Lokal Jimny
Next post Viral Paus Pembunuh Berusia Muda Mati di Taman Hiburan