34 Kata-kata Viral di Media Sosial dan Artinya, Wajib Tahu Agar Tidak Salah Paham

Read Time:4 Minute, 49 Second

robbanipress.co.id, Batavia Di dunia digital yang semakin terhubung, tak jarang kita disuguhkan kejutan berupa kata-kata populer yang sedang viral. Seringkali kata-kata tersebut muncul secara tiba-tiba dan cepat diangkat di berbagai media sosial. Mereka menjadi bahan diskusi yang hangat dan sering kali membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal usul dan maknanya.

Setiap kata yang viral memiliki cerita dan lingkungannya masing-masing yang membuatnya sangat menarik dan memikat hati banyak orang. Dari kata-kata sederhana hingga yang lebih kompleks, semuanya memiliki daya tarik tersendiri sehingga membuat kita ingin mendalami lebih dalam asal usulnya. Tak jarang kata-kata tersebut menjadi budaya populer dan identitas digital masyarakat.

Misteri dibalik kata-kata yang viral seringkali menjadi bahan perbincangan yang menarik, terutama terutama pada perbincangan umum. Bagaimana kata-kata ini muncul, dan mengapa mendapat begitu banyak perhatian? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu selalu memenuhi pikiran kita dan kita selalu ingin tahu lebih banyak tentang fenomena kata-kata virus ini.

Untuk lebih memahami makna dibalik kata-kata viral yang ada, robbanipress.co.id merangkum kumpulan kata-kata viral beserta maknanya dari berbagai penulis, pada Rabu (28/3).

Dalam pembicaraan sehari-hari, khususnya di kalangan anak muda dan di media sosial, kita sering menemukan ungkapan-ungkapan yang unik dan kreatif. Salah satu bentuk bahasa gaul yang umum adalah kombinasi dua kata yang menciptakan makna baru. Hal ini menunjukkan kreativitas dan adaptasi bahasa dalam lingkungan sosial yang dinamis.

Berikut ulasan lebih detail mengenai ungkapan sehari-hari yang merupakan gabungan dua kata beserta arti dan contohnya: Gabut (uang buta): bagi mereka yang beristirahat ketika harus bekerja, biasanya karena bosan. Misalnya, “Hari ini tidak ada yang mendung, tidak ada kegiatan apa pun.” Jadul (lagi waktu): Karena kamu merusak masa lalu atau menjadi usang. Misalnya: “Ponsel ini sudah tua, sebaiknya ganti dengan yang baru.” Mager (malas hidup) : Bagi orang yang malas melakukan sesuatu, ingin istirahat atau tidur. Misalnya: “Saya sangat malas hari ini, saya tidak tertarik.” Mantulus (hebat): Digunakan untuk menghormati seseorang atau sesuatu yang baik. Misalnya, “Kegiatan kelompok kita malam ini sungguh luar biasa!” Gaje (ketidakpastian): Digunakan ketika seseorang tidak memahami maksud seseorang atau seseorang berperilaku aneh. Misalnya, “Saya terganggu dengan ceritanya, lucu sekali.” Bucin (utusan cinta): Bagi mereka yang tergila-gila pada cinta dan siap melakukan apa pun demi orang yang dicintainya. Misalnya: “Kamu sibuk sekali, bolak-balik ke rumahmu.” Gerakan cepat (quick move): Digunakan untuk orang yang lamban dalam melakukan sesuatu dan tidak bertahan lama. Misalnya: “Kamu cepat sekali, pekerjaanmu cepat selesai.” Japri (jaringan pribadi): Ketika seseorang ingin menghubungi Anda melalui media sosial. Misalnya: “Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut.” Pansos (jangkauan sosial): Bagi yang mencari perhatian banyak orang melalui media sosial. Misalnya: “Kamu selalu berinteraksi, postingan seperti itu.” Curcol (menjaga rahasia) : Ketika seseorang ingin merahasiakan suatu rahasia atau seseorang, dia selalu berkunjung untuk menjaga rahasia tersebut. Misalnya, “Saya perlu bicara, Anda khawatir.” Metode (kebohongan besar): Perilaku orang yang menggunakan kebohongan untuk mendapatkan sesuatu. Contohnya, “Jangan percaya, itu hanya emosi yang tercabut: Ketika emosi seseorang tercabut karena perlakuan khusus atau berbeda, Misalnya, “Jangan emosi, itu perilaku normal.”

 

Beberapa kata viral yang berasal dari singkatan bahasa Inggris beserta arti dan contoh penggunaannya: FYI (For Your Information): Digunakan ketika ingin memberikan informasi. Contohnya, “FYI, hari ini kelas bakalan seru kalau ada adegan perpisahan. Iya, disimak di pagi hari.” PAP (Posting gambar): Awalnya digunakan di media sosial untuk meminta orang lain mengunggah gambar. Contohnya: “Silakan coba Paping sama temanmu, kayaknya kamu sudah tahu.” CMIIW (Perbaiki Aku Jika Aku Jatuh): Ini Perbaiki Aku Jika Aku Jatuh. Misalnya: “Saya rasa kami tidak menggunakannya, karena alasan yang saya jelaskan di atas. Tapi ini adalah CMIIW.” OOTD (Order of the Day): Biasanya sekelompok foto yang mengenakan pakaian tertentu di suatu acara atau kegiatan. Misalnya saja “OOTD, baju santai dan gaun untuk pernikahan”. OTW (On the Road): Itu seseorang di jalan. Misalnya, “Saya orang OTW, tunggu saya. Saya akan tiba di sini sebentar lagi.” Kepo (New Personal Key): Berbicara dengan mereka yang sering menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik. Misalnya, “Kenapa kamu penasaran? Cukup saya yang tahu.” Anw (Any): Biasanya dalam bahasa percakapan, artinya dengan cara tertentu. Misalnya: “Anw, kenapa kamu tiba-tiba ingin putus sekolah?” BTW (omong-omong): maksudnya omong-omong. Misalnya, “BTW, apakah kamu melihat karya anak-anak tetangga sebelah?” AKA (seperti diketahui): Artinya juga diketahui atau sebaliknya. Misalnya saja, “Orang ini baik sekali, kalau tidak, tempatnya barbar, jadi wajar kalau banyak orang yang takut mendekatinya.” TGIF (Alhamdulillah di Hari Jumat): Misal: “Rencana ke Batavia akhirnya paham TGIF.” LOL (Laud Of Loud) Asyik misal, “Temanmu senang banget ya, LOL.” (singkatnya GWS): Singkatan dari semoga cepat sembuh, sering kali untuk pasien. Misalnya: “GWS, semoga lekas sembuh.”

 

Ada beberapa kata dasar yang arti dan contoh penggunanya disingkat atau disingkat: Halu (berhalusinasi): menggambarkan seseorang yang sedang berkhayal atau bermimpi. Misalnya, “Jangan bergerak, fokuslah pada kata”. Monmaap (meminta maaf): mengungkapkan pengampunan. Misalnya: “Maaf, saya mengatakannya, saya berdosa.” Yauds (ya) : Itu sudah cukup atau apalah. Misalnya: “Yah, jangan berpikir sepanjang waktu.” Jamber (jam berapa): ajukan pertanyaan tentang jam atau waktu. Misalnya, “Jamber sudah datang, jangan terlambat.” Goks (gokil, lucu sekali): Menggambarkan sesuatu yang sangat lucu atau lucu. Misalnya: “Teman kita gila banget, dia selalu tersenyum.” Juga (untuk-bisa juga): Mengatakan sesuatu yang dapat diterima atau bahkan baik. Misalnya: “Ide Anda juga bisa menjadi solusi.” Piala (terindah): Seseorang itu yang paling cantik. Misalnya, “Kamu berbakat, saya lebih terkejut.” Gans (sangat cantik): Menggambarkan seseorang yang sangat cantik. Misalnya, “Orang ini baik sekali, banyak orang menyukainya.” Gils (gila banget): Menampilkan sesuatu yang sangat keren atau mengejutkan. Misalnya, “Ini keren sekali, ini gila!” Ntaps (integritas): Menggambarkan sesuatu yang baik atau baik. Misalnya: “Ide Anda bagus, Anda bisa mewujudkannya.”

Kata-kata tersebut sering digunakan dalam percakapan sehari-hari terutama di media sosial dan pesan singkat untuk menyampaikan informasi atau kalimat dengan lebih singkat dan informal. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Austria Ikut Kembangkan BLK Vokasi Maritim di Makassar, Ini Targetnya
Next post 3 Potret Jamal Musiala saat Sparring Lawan Garuda Select