Austria Ikut Kembangkan BLK Vokasi Maritim di Makassar, Ini Targetnya

Read Time:1 Minute, 50 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnakar) Indonesia dan pemerintah Austria sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja dengan membantu peningkatan kapasitas tenaga kerja di Pelatihan Kejuruan dan Produktivitas Makassar. Tengah (BBPVP).

BBPVP Medan (17 Mei 2022), BPVP Serang (17 Oktober 2023) turut berkontribusi dalam peresmian pengoperasian BLK Sekolah Maritim di Makassar, yang akan segera disusul oleh BBPVP Banyuwangi, Jawa Timur pada bulan September, kata Menteri Tenaga Kerja Ida Fauzia. 2024.

Ida Fauzia mengatakan di BBPVP Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (8/5/2024), “Pembangunan BLK Maritim siap melahirkan tenaga kerja yang mampu menjawab peluang kerja yang diciptakan pemerintah Indonesia dan Austria.”

Menaker menjelaskan, peresmian pengoperasian Sekolah BLK Maritim ini juga menandai pengadaan peralatan pelatihan dan pembangunan bengkel secara keseluruhan untuk pengembangan lima program profesi. Misalnya saja bidang kelistrikan, otomotif, las, pertukangan kayu, dan manufaktur telah selesai seluruhnya sehingga program pelatihan tersebut dapat segera dilaksanakan bagi para pencari kerja.

“Melalui BLK Maritim ini, salah satu kerja sama dengan Austria, kami ingin mendorong prioritas pembangunan sektor maritim. Kami berharap kerja sama ini menjadi bukti komitmen kita bersama dalam kerja sama untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia.” Dia katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Anwar Sanusi, Direktur Jenderal Pembinaan dan Pembinaan Kementerian Ketenagakerjaan, mengatakan sebanyak 20 orang pelatih mengikuti pelatihan Training of Trainers (ToT) di Austria secara bertahap untuk mendukung skema pinjaman lunak ini.

Tahap I 2023, Fabrikasi Profesional 4 orang (6 minggu), Manufaktur 4 orang (4 minggu), dan Professional Welding 4 orang (3 minggu). Sedangkan tahap kedua pada tahun 2024 masing-masing berlangsung selama 4 minggu di SMK elektro dan otomotif.

 

Melalui kerjasama ini, kapasitas pelatihan okupasi pengelasan dan kelistrikan BBVP Makassar berstandar Austria meningkat sebanyak 496 orang per tahun. “Seluruh pekerjaan pada keempat komponen di atas kini telah selesai dan pelatihan pekerja karir untuk semua jenis pekerjaan siap dilaksanakan,” kata Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan.

Philip Rösl, Wakil Kepala Misi KBRI Austria di Indonesia, meyakini pengalaman positif sistem pendidikan vokasi di Austria dapat direplikasi dan diterapkan untuk kepentingan generasi muda di Indonesia. Perusahaan di Indonesia.

“Pelatihan kejuruan memberi generasi muda banyak peluang di pasar kerja, dan banyak generasi muda diserap oleh perusahaan-perusahaan Austria,” Rosell menyimpulkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Yasamin Jasem Ditikung Temen Sendiri di Series Just Wanna Say I Love You
Next post 34 Kata-kata Viral di Media Sosial dan Artinya, Wajib Tahu Agar Tidak Salah Paham