Langka dan Ada 70 Jenis, Bagaimana Pengobatan Kanker Sarkoma?

Read Time:1 Minute, 39 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Sebagai salah satu bentuk kanker langka, pengobatan terbaik untuk kanker sarkoma adalah pendekatan multidisiplin. Pasalnya, kanker sarkoma merupakan penyakit yang kompleks dan beragam dengan lebih dari 70 subtipe berbeda.

“Setiap jenis sarkoma memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga terapi atau pengobatannya juga berbeda-beda. Sarkoma bukanlah diagnosis yang sama,” kata Richard Quek, konsultan senior onkologi medis di Parkway Cancer Centre Singapura, pada sesi pers baru-baru ini.

Quek menjelaskan, lebih dari 70 jenis sarkoma memiliki manifestasi klinis yang berbeda-beda. Selain itu, susunan genetik, lokasi perkembangan, dan strategi pengobatan tumor yang digunakan pasien tentunya sangat unik.

Sarkoma merupakan tumor kanker yang timbul dari jaringan lunak tubuh, seperti sel otot, lemak, pembuluh darah, dan jaringan ikat fibrosa. Sel-sel tersebut bisa menjadi kanker, misalnya sel lemak menjadi liposarcoma, sel otot menjadi leiomyosarcoma, sel tulang menjadi osteosarcoma dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena kelangkaan dan heterogenitasnya, pengobatan sarkoma sangat sulit. Secara umum, pengobatan akan mempertimbangkan subtipe spesifik sarkoma, karakteristik tumor (lokasi, tingkatan, dan ukuran), usia pasien, dan kesehatan pasien secara umum.

Setiap subtipe sarkoma juga memiliki respon pengobatan dan hasil klinis yang berbeda. Oleh karena itu, rencana pengobatan yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan masing-masing pasien dan penyakitnya dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi pasien secara keseluruhan.

“Sarkoma merupakan penyakit yang tidak umum dan yang terpenting adalah mendapatkan diagnosis yang benar. Pemeriksaan molekuler biasanya dilakukan untuk mengetahui ciri-ciri dan juga kondisi pasien. Perawatan yang tepat, tergantung pada sifat molekulnya,” kata Quek.

Dia mengatakan dokter akan menyarankan pilihan pengobatan khusus untuk sarkoma tersebut. Pilihan pertama adalah pembedahan, yaitu pengangkatan tumor beserta jaringan sehat di sekitarnya. Ada subtipe sarkoma tertentu yang hanya bisa diobati dengan pembedahan.

Pilihan lainnya adalah terapi radiasi, yang menggunakan sinar atau partikel berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Pasien mungkin juga memerlukan kemoterapi, suatu prosedur yang mengganggu kemampuan sel kanker untuk tumbuh dan membelah. Pengobatan lainnya adalah terapi target, di mana pasien diberikan obat atau antibodi buatan untuk menghambat pertumbuhan sel sarkoma.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Lee Do Hyun Tepergok Kencan Bareng Lim Ji Yeon Saat Cuti Wamil, Warganet Gemas Liat Tingkah Bucinnya
Next post Mengapa Media Sosial Nggak Diboikot Pendukung Palestina?