Pakar Otomotif Beberkan Alasan Mobil China Hadirkan Harga Terjangkau

Read Time:1 Minute, 48 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Produsen mobil asal China dinilai berupaya meraih pangsa pasar signifikan di negara-negara yang memiliki pasar kompetitif seperti Indonesia. Caranya adalah dengan menawarkan harga yang terjangkau.

“Ada beberapa alasan mengapa pabrikan China mungkin memilih membanderol kendaraannya dengan harga terjangkau,” kata pakar otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu, dilansir ANTARA kemarin.

Ia yakin ada beberapa alasan mengapa produsen mobil Tiongkok menghadirkan kendaraan kaya fitur dengan harga yang cukup terjangkau.

Alasan pertama mengapa harga mobil merek China cukup terjangkau saat ini adalah karena ingin meraih pangsa pasar yang signifikan. Apalagi di negara-negara yang pasarnya cukup kompetitif seperti Indonesia. Menawarkan produk dengan harga terjangkau disertai mesin berkualitas tinggi dan desain menarik dapat menjadi cara efektif untuk menarik perhatian konsumen.

“Strategi ini memungkinkan produsen baru untuk menembus pasar yang sudah didominasi oleh merek-merek yang lebih mapan,” kata Yannes.

Alasan selanjutnya adalah mencari volume penjualan yang positif. Volume penjualan yang tinggi tidak hanya meningkatkan pangsa pasar, namun juga dapat membantu mencapai skala ekonomi yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya per unit produksi mobil listrik.

Alasan mengapa pabrikan China menghadirkan kendaraan bernilai uang adalah sebagai pengenalan produk baru, ini adalah cara yang efektif untuk membangun citra merek.

Konsumen yang awalnya tertarik dengan harga bisa menjadi pelanggan setia jika puas dengan kualitas desain dan teknologi yang diberikan serta garansi produk serta layanan 3S (Sales-Service-Spares) yang diberikan oleh produsen.

Alasan berikutnya, menurut Yannes, bisa dilihat sebagai respons taktis terhadap tekanan persaingan pasar dari beberapa merek mapan di Tanah Air, seperti Jepang dan Korea Selatan.

“Produsen Tiongkok mungkin melihat bahwa satu-satunya cara untuk bersaing secara efektif adalah dengan menawarkan nilai yang lebih baik melalui harga yang lebih rendah serta produk berkualitas tinggi,” jelasnya.

Penyebab terakhir adalah fluktuasi kondisi perekonomian dan daya beli sebagian besar konsumen mobil di Indonesia yang masih terlihat tertahan dengan pendapatan yang tidak terlalu tinggi.

Kondisi ini membuat penentuan harga yang tepat menjadi sangat penting. Keterjangkauan dapat menjadi faktor penentu yang sangat rasional bagi banyak konsumen ketika mengambil keputusan pembelian.

Kisaran harga kendaraan China yang tepat adalah menyasar pasar mobil terbesar di Indonesia, yaitu pada kisaran harga Rp150 juta hingga Rp500 juta, kata Yannes.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Surat Perintah Penangkapan Sudah Dikeluarkan, Eks Calon Pembeli Manchester United Dicari Polisi Singapura
Next post 5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam