Puing Stasiun Luar Angkasa Jatuh Menimpa Rumah di Amerika

Read Time:1 Minute, 30 Second

JAKARTA – Puing-puing Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berjatuhan dan menghantam sebuah rumah di Naples, Florida, Amerika Serikat. Benda berbobot hampir 1 kg itu menghantam atap rumah Alejandro Otero hingga meninggalkan lubang besar di langit-langit.

Foto kerusakan akibat benda berbentuk silinder dibagikan oleh Alejandro Otero pada 16 Maret 2024 di X. Awalnya tidak ada yang yakin itu adalah sisa-sisa ISS, namun kemudian hasil penyelidikan menunjukkan hal itu.

Meski sudah pasti benda ini berasal dari ISS, namun NASA masih menyelidiki apakah benda tersebut benar-benar bagian dari rangkaian baterai ISS atau tidak. Dengan massa total 2,6 metrik ton, palet kargo memasuki atmosfer bumi secara tidak terkendali pada 8 Maret 2024. Itu adalah puing terberat yang pernah dikeluarkan dari stasiun orbit.

Pada tahun 2021, sembilan baterai usang sengaja dikeluarkan dari ISS, dan tumpukan sampah seukuran mobil ini perlahan-lahan jatuh ke Bumi sejak saat itu.

Para ahli sebelumnya memperkirakan sebagian besar material akan terbakar saat memasuki atmosfer, namun ada pula yang bisa lepas dan jatuh ke Bumi. Namun belum bisa diprediksi secara pasti di mana komponen tersebut akan mendarat di Bumi.

Insiden itu terekam kamera keamanan rumah. Kamera menangkap ledakan keras pada pukul 14:34 waktu setempat (19:34 UTC) pada 8 Maret. Kali ini bertepatan dengan catatan Komando Luar Angkasa AS yang menunjukkan bahwa puing-puing ISS kembali memasuki atmosfer pada pukul 14:29 EST (19:29 UTC). Sekitar waktu ini, para ahli mengamati puing-puing luar angkasa melintasi Teluk Meksiko menuju barat daya Florida.

Menurut laporan tersebut, juru bicara NASA mengatakan badan tersebut telah membersihkan puing-puing dari kediaman Otero. Para ilmuwan di Kennedy Space Center NASA kemudian mengamati objek tersebut dengan cermat untuk menentukan asal usulnya secara pasti.

Selain itu, Otero memposting di X bahwa dia sedang menunggu tanggapan dari agensi yang bertanggung jawab menanggung biaya kerusakan rumahnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post SMK Mitra Industri MM2100, Sekolah Pertama di Asia Tenggara dengan Spesialisasi Cat
Next post Xiaomi Resmi Luncurkan Mobil Listrik Pertama, Ini Spesifikasinya