Tak Mudah Berhenti Merokok, Perokok Dewasa Bisa Optimalkan Produk Tembakau Alternatif

Read Time:2 Minute, 7 Second

robbanipress.co.id Lifestyle adalah pilihan efektif bagi orang dewasa yang sedang berjuang untuk berhenti merokok dan mengurangi risiko merokok dengan menggunakan produk tembakau tambahan seperti rokok elektrik (vape), produk tembakau yang dipanaskan, dan patch nikotin.

Karena tidak mudah bagi perokok langsung untuk berhenti merokok. Simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Profesor Amalia, Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Pajacaran, menjelaskan bahwa Pengurangan Risiko Tembakau menawarkan kepada perokok dewasa sebuah cara baru untuk meminimalkan risiko merokok.

“Merokok adalah kebiasaan yang sangat sulit. Profesor tersebut mengatakan: “Metode ini merupakan pengurangan risiko bagi perokok dewasa yang merasa sulit berhenti merokok.” Amalia baru-baru ini menjadi narasumber pada workshop “Konsep dan Implementasi Pengurangan Dampak Tembakau” di Vape Carnival Solo 2024.

Penerapan pendekatan ini saat ini digunakan pada berbagai produk tembakau.

Prof. Amalia menjelaskan, dibandingkan produk tembakau, produk tembakau terbukti secara ilmiah dapat mengurangi risiko kesehatan. Pasalnya, produk seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan menggunakan sistem pemanas yang berbeda dengan proses pembakaran rokok.

Karena tidak terbakar, profesor. Lanjut Amalia, akibat penggunaan produk tembakau adalah uap, bukan tembakau yang mengandung senyawa berbahaya seperti TAR.

“Ini adalah perbedaan mendasar. Dengan menggunakan produk tembakau lain, perokok dewasa tetap mendapatkan nikotin tanpa TAR. “Kalau merokok, perokok dewasa mendapat jumlah nikotin yang sama dengan TAR,” ujarnya.

Institut Kanker Nasional AS mengungkapkan bahwa TAR mengandung berbagai senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Dari sekitar 7.000 bahan kimia dalam asap rokok, 2.000 diantaranya ditemukan di TAR.

Sementara itu, Cancer Research UK, sebuah organisasi penelitian kanker independen, mengatakan nikotin bukanlah penyebab utama penyakit akibat merokok dan bukan penyebab utama kanker.

Jadi pendapat sebaliknya tidaklah benar. “Nikotin benar-benar membuat ketagihan,” tambah profesor itu. Amalia.

Public Health England (PHE), yang sekarang dikenal sebagai Health Safety Authority, telah menerbitkan hasil tinjauan yang disebut “Tinjauan bukti rokok elektrik dan produk tembakau yang dihisap”.

Hasilnya, rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan mengurangi risiko paparan rokok hingga 90-95 persen.

PHE mengatakan dengan fakta tersebut, produk tembakau alternatif dapat membantu lebih banyak perokok untuk mengubah kebiasaannya.

Anne McNeil, profesor kecanduan narkoba di King’s College London, mengatakan merokok memiliki risiko kesehatan.

Namun, banyak perokok dewasa yang tidak menyadari manfaat yang akan mereka terima jika beralih ke produk tembakau.

“Mereka tidak tahu bahwa produk tembakau tidak terlalu berbahaya. Namun, produk ini tidak sepenuhnya bebas risiko.” DM (27) asal Dungo, Nossa Tenggara Barat, Kabupaten Bima, mengalami luka bakar serius setelah seorang warga Bima yang menuangkan bensin ke dalam botol sambil merokok mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Pihak keluarga tertarik mencoba menyelamatkan korban pada 5 Juli 2024 di robbanipress.co.id.co.id

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Puasa Idul Adha Hukumnya Sunnah, Simak Bacaan Niat dan Keutamaannya
Next post Makin Ngebut, Samsung Galaxy S25 Ultra bakal Usung Teknologi UFS 4.1