Terlalu Banyak Santap Makanan Berminyak, Jangan Heran Jika Tubuh Bereaksi Seperti Ini

Read Time:53 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Makanan berlemak digemari karena rasanya yang menarik. Saat lebaran misalnya, banyak orang yang kerap menyajikan beragam makanan enak berlemak.

Meski enak, namun sebaiknya jangan berlebihan dengan makanan berlemak. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Berdasarkan laporan Time pada Rabu (4/10/2024), lima dampak buruk berikut bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Hal ini membebani sistem pencernaan

Ahli gizi Ayla Barmmer menemukan bahwa makanan berlemak seperti gorengan mengandung banyak lemak. Asupan lemak yang berlebihan ini dapat membebani sistem pencernaan.

“Dari semua lemak, karbohidrat dan protein, lemak membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna, dan (proses pencernaan lemak) membutuhkan enzim dan cairan pencernaan seperti empedu dan asam lambung,” kata Barmmer.

Barmmer mengatakan banyak orang memiliki lebih sedikit cairan pencernaan karena stres dan obat-obatan tertentu. Dalam kondisi seperti itu, asupan lemak dapat menyulitkan kerja sistem pencernaan dan menimbulkan keluhan seperti kembung, mual, dan rasa tidak nyaman.

Diare dan sakit perut

Menurut Barmmer, banyak orang mengalami berbagai masalah pencernaan setelah mengonsumsi makanan berlemak. Beberapa keluhan tersebut antara lain diare dan sakit perut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post HK Ungkap Pengguna Tol di Bengkulu Didominasi Wisatawan
Next post Google Boyong Kemampuan AI Generatif ke Maps, Permudah Pengguna Temukan Lokasi Tujuan