Google Boyong Kemampuan AI Generatif ke Maps, Permudah Pengguna Temukan Lokasi Tujuan

Read Time:2 Minute, 34 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Google terus memperluas kehadiran AI buatan di layanannya. Baru-baru ini, internet menjadi kacau karena Google Maps memperkenalkan AI kreatif ke dalam aplikasi pemetaannya.

Berdasarkan informasi GSM Arena, Sabtu (3/2/2024), ketersediaan kecerdasan buatan di Google Maps masih terbatas untuk pengguna di AS. Teknologi tersebut konon akan dibenamkan pada fitur pemandu lokal Maps.

Berbekal AI kreatif, Maps akan membantu pengguna menemukan tempat berdasarkan kebutuhannya. Jadi, pengguna hanya perlu menanyakan tempat atau lokasi yang ingin dikunjungi pengguna, seperti tempat ramah anak atau tempat makan terbaik yang ada.

Misalnya, Google mengatakan pengguna dapat mencari “kebun anggur di San Francisco”. Hasil pencarian Google Maps kemudian akan menampilkan berbagai informasi mengenai destinasi yang ingin Anda kunjungi, termasuk foto, harga, dan ulasan.

Hasil pencarian akan diurutkan berdasarkan kategori dan gambar, serta disusun sesuai urutan yang dimasukkan pengguna. Menariknya, setelah Google Maps mengembalikan hasil pencarian, pengguna bisa melanjutkan percakapan.

Misalnya, setelah menampilkan hasil pencarian di Google Maps, pengguna bisa langsung bertanya, “Tempat makan malamnya apa?” Mereka mungkin menanyakan pertanyaan lain.

Untuk saat ini, fitur tersebut dapat diuji secara terbatas dengan beberapa pengguna saja. Oleh karena itu, Google mengatakan masukan dan umpan balik pengguna akan membantu meningkatkan fitur tersebut sebelum meluncurkannya ke lebih banyak pengguna.

Google akan memperkenalkan tiga fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) di Chrome.

Parisa Tabriz, wakil presiden Chrome, mengumumkan pada Sabtu (27/1/2024) melalui blog resmi Google bahwa fitur AI kreatif ini akan dirilis terlebih dahulu untuk Mac dan PC Windows di AS.

Fitur AI kreatif Google Chrome akan diperkenalkan di versi M121 untuk menjadikan penjelajahan lebih mudah dan efisien sambil mempertahankan pengalaman yang dipersonalisasi.

Pengguna kemudian dapat mengakses Pengaturan dari menu tiga titik di Chrome, atau Uji AI jika fitur tersebut tersedia.

Karena fitur AI kreatif ini masih dalam tahap pengujian publik, fitur ini tidak akan diluncurkan ke akun perusahaan dan pendidikan.

Sementara itu, berikut tiga fitur AI kreatif yang hadir di Google Chrome: Mengatur tautan dengan cerdas

Menyiapkan grup referensi dilakukan secara manual. Namun dengan Tab Organizer, Chrome akan otomatis menyarankan dan membuat grup tab berdasarkan tab terbuka pengguna.

Ini dapat berguna jika pengguna melakukan banyak tugas di Chrome pada saat yang sama, seperti merencanakan perjalanan, mencari topik, dan berbelanja.

Saat fitur ini dirilis, pengguna dapat mengklik kanan suatu aplikasi, lalu memilih “Urutkan berdasarkan Tag Serupa” atau klik panah drop-down di sisi kiri aplikasi.

Buat tema Anda sendiri dengan AI

Google telah memperkenalkan wallpaper AI kreatif ke perangkat yang menjalankan Android 14 dan Pixel 8. Kini mereka memperluas model teks-ke-gambar yang sama ke Chrome, memungkinkan pengguna untuk lebih mempersonalisasi browser mereka.

Pengguna dapat dengan cepat membuat tema khusus berdasarkan tema, suasana hati, gaya visual, dan warna yang dipilih. Pengguna kemudian dapat masuk ke menu “Sesuaikan Chrome” di sidebar, klik tombol “Ubah Tema”, lalu klik tombol “Buat dengan AI”. Bantuan dengan instalasi di web

Dalam rilis Chrome mendatang, Google akan merilis fitur AI eksperimental untuk membantu pengguna mengetik lebih percaya diri di web.

Saat fitur Google Chrome dengan AI ini dirilis, pengguna akan dapat mengklik kanan kolom teks di halaman mana pun yang mereka masuki di Chrome, lalu memilih “Bantu saya menulis”.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Terlalu Banyak Santap Makanan Berminyak, Jangan Heran Jika Tubuh Bereaksi Seperti Ini
Next post UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024